Assalamualikum Wr. Wb.
Hai kawan semua, apa kabarnya? saat ini saya ingin membagikan contoh RPP yang saya gunakan pada saat program PKP akhir tahun 2019, RPP belum menggunakan format 3 komponen karena pada saat itu belum mengemuka mengenai aturan tersebut. namun kita tentu bisa mengerucutkan RPP ini menjadi RPP format 3 komponen.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SD Negeri Kumbung 1
Kelas /Semester : V/2 (dua )
Tema : Benda-Benda di Sekitar Kita (9)
Subtema : Benda dalam Kegiatan Ekonomi (2)
Pembelajaran ke- : 2
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, IPA dan SBdP
Alokasi Waktu :
6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
IPA
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.9 Mengelompokkanmateri dalam kehidupan sehari-hari berdasarkankomponen penyusunnya(zat
tunggal dan campuran). |
3.9.4
Mengkategorikan materi berdasarkan komponen
penyusunnya. 3.9.6
Menganalisis alat penyaring air sederhana |
4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponenpenyusunnya dalam kehidupan sehari-hari. |
4.9.2 Melakukan pengamatan sifat-sifat
campuran 4.9.2 Melakukan pengamatan komponen penyusun
campuran 4.9.4. Membuat karya teknologi sederhana berupa alat penyaring air
bersih. |
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.4 Menganalisis informasiyang disampaikan
paparaniklan dari media cetak atau elektronik. |
3.4.1 menganalisis
informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik; |
4.4 Memeragakan kembaliinformasi yang disampaikan paparan iklandari media cetak
atauelektronik dengan bantuanlisan, tulis, dan visual. |
4.4.1
memeragakan kembali informasi yang disampaikan
paparan iklandari media cetak
atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual; |
SBdP
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.3 Memahami pola lantaidalam tari kreasidaerah. . |
3.3.1 memahami pola lantai dalam tari kreasi
daerah |
4.3 Mempraktikkan pola lantaipada gerak tari
kreasidearah |
4.3.1mempraktekkan
pola lantai dalam tari kreasi daerah |
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati berbagai benda pada tabel, siswa dapat mengidentifikasi
zat penyusun suatu benda dengan tepat.
2.
Dengan mengamati berbagai benda pada tabel, siswa dapat menuliskan
kesimpulan tentang perbedaan zat tunggal dan zat campuran dengan komunikatif.
3.
Dengan mengamati gambar iklan media cetak, siswa dapat mengidentifikasi
unsur-unsur iklan yang terdapat pada gambar iklan dengan cermat.
4.
Dengan mengamati gambar iklan media cetak, siswa dapat menyimpulkan
isi teks paparan iklan media cetak secara lisan dan tulisan secara percaya diri.
5.
Dengan membaca tentang tangga nada, siswa dapat menjelaskan
pengertian tangga nada, tangga nada mayor, dan tangga nada minor dengan mandiri.
6.
Dengan menyanyikan lagu bertangga nada minor, siswa dapat
menuliskan perasaannya setelah menyanyikan lagu bertangga nada minor dengan jujur.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Teks penjelasan zat penyusun suatu benda
2. Teks menjelaskan unsur-unsur iklan
3. Jenis tangga nada lagu
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Model pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Penugasan,
percobaan, diskusi, tanya jawab, dan ceramah.
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. LCD proyektor/komputer.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
4.
LKPD
Sumber Belajar : 1. Buku Siswa Tema 9 tentang benda-benda dan sifatnya
2. Buku Paket Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam halaman 30
3. print out
teks bacaan tentang cara membuat filter alat sederhana
4. Video Teks bacaan
5.File video tentang filter air sederhana
6.Bahan percobaan filter alat sederhana
7. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan
Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan (persiapan/orientasi) |
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa. 2.
Guru meminta seorang siswa untuk
memimpin berdoa. Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. 3.
Siswa membacakan dua surat pendek ( Al
qur’an). 4.
Siswa dan guru menyanyikan satu lagu
“Wajib Nasional”. Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. 5.
Siswa membaca buku non teks pelajaran, sebagai bentuk pembiasaan membaca. 6.
Siswa dan guru mendiskusikan
perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. 7.
Guru mengecek kehadiran siswa serta
mengondisikannya pada situasi pembelajaran. 8.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas. 9.
Guru melakukan apersepsi dengan
menanyakan materi yang sudah
dipelajari sebelumnya. 10.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai. 11.
Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari 12.
Guru menyampaikan manfaat materi
pembelajaran yang akan dipelajari. 13.
Guru menyampaikan langkah-langkah
pembelajaran. 14.
Guru menyampaikan teknik penilaian
yang akan digunakan. 15.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas. 16.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 17. Siswa diajak
menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. |
15 menit |
Kegiatan inti |
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran · Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal, · Mengajak
siswa untuk mengamati gambar. · Kemudian,
guru mengajukan pertanyaan pertanyaan berikut. -
Apa nama alat elektronik yang dibersihkan Siti? -
Apa saja alat elektronik yang ada dirumahmu ? · Guru
memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin menjawab pertanyaan tersebut · Dengan mengangkat
tangan, siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan percaya diri · Ayo Mengamati · · Kemudian,
siswa membaca penjelasan tentang alat elektronik tersebut. · Guru
memberikan pertanyaan pancingan berdasarkan isi materi pada buku siswa, misalnya,
”Apa fungsi alat-alat elektronik tersebut bagi industry periklanan?” · Siswa
yang ingin menjawab pertanyaan, tersebut diminta mengangkat tangan terlebih dahulu,
lalu menjawab pertanyaan, guru sesuai pemahamannya. · Guru
memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab jika ada jawaban berbeda. · Selanjutnya,
guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika terdapat materi
yang belum dipahami. · Kegiatan
ini dapat melatih rasa ingin tahu dan kekritisan siswa terhadap materi yang diberikan. · Guru menjawab
pertanyaan siswa dan menjelaskan kembali secara lebih detail. · Guru
menjelaskan bahwa alat-alat elektronik antara lain berfungsi sebagai sarana iklan
sehingga masyarakat mengetahui produk-produk yang diiklankan. Oleh sebab itu,
iklan yang ditayangkan melalui alat-alat elektronik disebut iklan elektronik. Ayo Berlatih · Guru
mengajak siswa untuk mengingat kembali pengertian iklan elektronik dengan mengajukan
pertanyaan pada buku siswa, ”Apa pengertian iklan elektronik?” · Siswa menjawab
pertanyaan guru dalam bentuk tertulis. · Selanjutnya,
guru meminta beberapa siswa untuk menyampaikan jawabannya secara lisan dengan
percaya diri. · Guru
memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi dengan cara menambahkan
jawaban. · Guru
mengapresiasi jawaban semua siswa, lalu mengonfirmasi jawaban yang benar.
Iklan elektronik adalah iklan · Siswa menjawab
pertanyaan guru sesuai pengetahuannya. · Guru mengapresiasi
dan mengonfirmasi jawaban siswa dengan menjelaskan unsur-unsur iklan elektronik
agar menarik perhatian masyarakat seperti pada buku siswa atau mencari sumber
lainnya. · Setelah
itu, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika terdapat · Kemudian,
guru meminta siswa mengamati gambar-gambar iklan pada buku siswa. · Guru
meminta siswa mengomentari iklan tersebut dengan memperhatikan kesesuaian dengan
unsur-unsur iklan elektronik, serta alasannya secara tertulis. · Setelah
selesai, siswa diminta menyampaikan jawabannya di depan kelas. · Guru
memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi dengan cara bertanya,
menyanggah, menambahkan jawaban, atau memberikan masukan. · Kemudian,
siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai. · Guru
mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa. Ayo Berdiskusi · Kemudian,
siswa diminta mengamati video benda-benda di sekitar. · Guru
meminta siswa mengidentifikasi benda-benda tersebut apakah tersebut termasuk zat
tunggal, zat campuran homogen, atau zat campuran heterogen · Siswa mengidentifikasi masalah mengenai sifat zat
campuran dan komponennya. · Siswa menyebutkan
dan menjelaskan alasannya. · Selanjutnya,
guru meminta siswa membentuk kelompok terdiri atas 3-4anak. · Siswa menganalisis masalah mengenai sifat zat
campuran dan komponennya. · Siswa mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat filter
air sederhana · Siswa merancang filter air sederhana · Selanjutnya,
setiap kelompok diminta
mendemontrasikan hasil rancangan dari filter air sederhana berdasarkan
hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain. · Guru
memberikan kesempatan kepada siswa atau kelompok lain untuk menanggapi dengan
bertanya, menambahkan jawaban, atau memberi masukan. · Siswa menganalisis kelemahan dan kelebihan dari
filter air sederhana · Siswa memecahkan masalah mengenai sifat zat campuran
dan komponennya. · Guru
mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa. · Siswa mengumpulkan karya dan laporannya kepada
guru untuk dinilai. Ayo Mengamati ·
Siswa membaca narasi pada buku siswa, lalu mengamati
gambar gerakan tari yang terdapat pada buku siswa. ·
Kemudian, guru menjelaskan pola lantai tarian pada gerak
kedua tari tersebut. ·
Guru juga membacakan narasi pada buku siswa. ·
Guru merangsang keingin tahuan siswa dengan mengajukan
pertanyaan, ”Apa yang dimaksud pola lantai tarian daerah?” ·
Guru meminta siswa membaca materi tentang pola lantai
tarian daerah yang terdapat pada buku siswa. ·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
jika terdapat materi yang belum di pahami. ·
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan siswa. Ayo Berkreasi ·
Siswa telah memahami tentang pola lantai tarian daerah.
·
Guru meminta siswa membentuk kelompok terdiri atas 5
anak. ·
Siswa diminta membuat lima contoh bentuk pola lantai. ·
Siswa menuliskan atau menggambar bentuk tersebut pada
kertas. ·
Setelah selesai, setiap kelompok diminta memperagakan
bentuk pola lantai yang dibuat di depan kelompok lain. ·
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain
untuk menanggapi, misalnya memberikan masukan. ·
Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi hasil kerja kelompok
siswa. Ayo Berlatih ·
Siswa membacakan narasi pada buku siswa. ·
Kemudian, memberikan motivasi bagi siswa agar peduli
terhadap tarian daerah sehingga terjaga kelestariannya. ·
Guru meminta siswa membentuk kelompok terdiri atas
3-5 anak. ·
Setiap kelompok diminta mencari contoh gerakan tarian
daerah dari youtube di internet atau dari kaset video tarian daerah. ·
Selanjutnya, setiap kelompok diminta mengamati gerak
tarian, lalu menjelaskan pola lantai tarian secara tertulis. ·
Selanjutnya, setiap kelompok diminta mempresentasikan
hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain. ·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa atau kelompok
lain untuk menanggapi dengan cara bertanya, menambahkan jawaban, atau member masukan. ·
Guru mengapresiasidanmengonfirmasijawabansiswa. ·
Siswa mengumpulkan hasil kerja kelompoknya kepada
guru untuk dinilai. |
180 menit |
Penutup |
·
Guru
memberikan Postest · Siswa
bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung: 1.
Apa saja yang telah dipelajari dari
kegiatan hari ini? 2.
Apa yang akan dilakukan untuk
menghargai perbedaan di sekitar? · Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari
ini. ·
Siswa bersama
guru meyanyikan salah satu lagu daerah Indonesia ·
Guru
memberikan pesan moral yang terkait dengan pembelajaran. · Siswa menyimak penjelasan guru tentang
aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan
kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan
pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu
menceritakan hasilnya kepada guru. · Siswa menyimak cerita motivasi tentang
pentingnya sikap disiplin. · Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas. · Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas. · Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa. |
15 menit |
H. PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau
negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.
b.
Penilaian Pengetahuan
Muatan |
Indikator |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instumen |
Bahasa Indonesia |
KD
Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4 |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal isian Soal uraian |
SBDP |
KD Seni
Budaya dan Prakarya 3.3 dan 3.2 |
|
|
IPA |
KD Ilmu
Pengetahuan Alam 3.9 dan 4.9 |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal uraian |
||||||||
Soal Pilihan Ganda |
Doni akan membuat alat penyaring sederhana. Manakah dianatara berikut
yang dibutuhkan Doni dalam membuat alat penyaring sederhana ? a. Bor Listrik, sendok, plastik, pasir, magnet, kertas,
pulpen b. Bor Listrik, gelas, botol plastik, kerikil, pasir bersih,
arang c. Ember, sendok, plastik, pasir, magnet, kerikil, d. Ember,gelas, botol plastik, kertas, pulpen |
||||||||||
Uraian |
1. Gambarkan alat penyaring air sederhana dan tuliska
bagian bagiannya!
|
A. Unjuk
Kerja
Muatan |
Indikator |
Teknik Penilaian |
Bentuk
Instumen |
Bahasa Indonesia |
KD
Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4 |
Diskusi dan unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14. |
IPA |
KD Ilmu
Pengetahuan Alam 3.9 dan 4.9 |
Unjuk kerja dan hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17. |
SBDP |
KD Seni
Budaya dan Prakarya 3.3 dan 4.3 |
|
|
c.
Remedial
Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan.
Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung.
d.
Pengayaan
Apabila
memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
a.
Jurnal Penilaian Sikap
No. |
Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
Refleksi Guru:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar