Senin, 14 September 2020

RPP kelas V semester 2

 

Assalamualikum Wr. Wb.  

Hai kawan semua, apa kabarnya? saat ini saya ingin membagikan contoh RPP yang saya gunakan pada saat program PKP  akhir tahun 2019, RPP belum menggunakan format 3 komponen karena pada saat itu belum mengemuka mengenai aturan tersebut. namun kita tentu bisa mengerucutkan RPP ini menjadi RPP format 3 komponen. 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                              :  SD Negeri  Kumbung 1

Kelas /Semester                 :  V/2 (dua )

Tema                                  :  Benda-Benda di Sekitar Kita (9)

Subtema                            :  Benda dalam Kegiatan Ekonomi (2)

Pembelajaran ke-             :  2

Fokus Pembelajaran        :  Bahasa Indonesia,  IPA dan SBdP

Alokasi Waktu                  :  6 x 35 menit (6 JP)

 

A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

 

IPA

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.9 Mengelompokkanmateri dalam kehidupan

sehari-hari berdasarkankomponen penyusunnya(zat tunggal dan

campuran).

 3.9.4 Mengkategorikan materi berdasarkan komponen    penyusunnya.

  3.9.6 Menganalisis alat penyaring air sederhana

 

 

4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat

campuran dan komponenpenyusunnya dalam

kehidupan sehari-hari.

4.9.2  Melakukan pengamatan sifat-sifat campuran

4.9.2 Melakukan pengamatan komponen penyusun campuran

4.9.4. Membuat karya teknologi sederhana berupa alat penyaring air bersih.

 

 

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Menganalisis informasiyang disampaikan paparaniklan dari media cetak atau

elektronik.

3.4.1  menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik;

4.4 Memeragakan kembaliinformasi yang

disampaikan paparan iklandari media cetak atauelektronik dengan bantuanlisan, tulis, dan visual.

4.4.1 memeragakan  kembali  informasi yang  disampaikan  paparan  iklandari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual;

 

SBdP

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3 Memahami pola lantaidalam tari kreasidaerah.

.

3.3.1  memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah

4.3 Mempraktikkan pola lantaipada gerak tari kreasidearah

4.3.1mempraktekkan pola lantai dalam tari kreasi daerah

 

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan mengamati berbagai benda pada tabel, siswa dapat mengidentifikasi zat penyusun suatu benda dengan tepat.

2.      Dengan mengamati berbagai benda pada tabel, siswa dapat menuliskan kesimpulan tentang perbedaan zat tunggal dan zat campuran dengan komunikatif.

3.      Dengan mengamati gambar iklan media cetak, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur iklan yang terdapat pada gambar iklan dengan cermat.

4.      Dengan mengamati gambar iklan media cetak, siswa dapat menyimpulkan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan dan tulisan secara percaya diri.

5.      Dengan membaca tentang tangga nada, siswa dapat menjelaskan pengertian tangga nada, tangga nada mayor, dan tangga nada minor dengan mandiri.

6.      Dengan menyanyikan lagu bertangga nada minor, siswa dapat menuliskan perasaannya setelah menyanyikan lagu bertangga nada minor dengan jujur.

D.  MATERI PEMBELAJARAN

1.    Teks penjelasan zat penyusun suatu  benda

2.    Teks menjelaskan unsur-unsur iklan

3.    Jenis tangga nada lagu

E.  METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran  :            Scientific

Strategi                              : Cooperative Learning

Model pembelajaran          : Discovery Learning

Metode Pembelajaran        : Penugasan, percobaan, diskusi, tanya jawab, dan ceramah.

 

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

      Media/Alat            :   1. LCD proyektor/komputer.

    2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.

    3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.

     4. LKPD

 

Sumber Belajar    :      1. Buku Siswa Tema 9 tentang benda-benda dan sifatnya

                                  2. Buku Paket  Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam halaman 30

                                  3. print out teks bacaan tentang cara membuat filter alat sederhana

                                  4. Video Teks bacaan

                                  5.File video tentang filter air sederhana

                            6.Bahan percobaan filter alat sederhana   

                            7. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                           

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

(persiapan/orientasi)

1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

2.          Guru meminta seorang siswa untuk memimpin berdoa. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

3.          Siswa membacakan dua surat pendek ( Al qur’an).

4.          Siswa dan guru menyanyikan satu lagu “Wajib Nasional”. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Siswa membaca buku non teks pelajaran, sebagai bentuk pembiasaan membaca.

6.          Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

7.          Guru mengecek kehadiran siswa serta mengondisikannya      pada situasi pembelajaran.

8.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

9.          Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan materi yang   sudah dipelajari sebelumnya.

10.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

11.      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari

12.      Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran yang akan dipelajari.

13.      Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran.

14.      Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan.

15.      Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

16.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

17.      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.

15 menit

Kegiatan inti

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

·      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal,

·      Mengajak siswa untuk mengamati gambar.

·      Kemudian, guru mengajukan pertanyaan pertanyaan berikut.

-          Apa nama alat elektronik yang dibersihkan Siti?

-          Apa saja alat elektronik yang ada dirumahmu ?

·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin menjawab pertanyaan tersebut

·      Dengan mengangkat tangan, siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan percaya diri

·      Siswa diminta membacakan tulisan pada awal pembelajaran.

Ayo Mengamati

·      Guru meminta siswa mengamati gambar alat-ala telektronik pada buku siswa.

·      Kemudian, siswa membaca penjelasan tentang alat elektronik tersebut.

·      Guru memberikan pertanyaan pancingan berdasarkan isi materi pada buku siswa, misalnya, ”Apa fungsi alat-alat elektronik tersebut bagi industry periklanan?”

·      Siswa yang ingin menjawab pertanyaan, tersebut diminta mengangkat tangan terlebih dahulu, lalu menjawab pertanyaan, guru sesuai pemahamannya.

·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab jika ada jawaban berbeda.

·      Selanjutnya, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika terdapat materi yang belum dipahami.

·      Kegiatan ini dapat melatih rasa ingin tahu dan kekritisan siswa terhadap materi yang diberikan.

·      Guru menjawab pertanyaan siswa dan menjelaskan kembali secara lebih detail.

·      Guru menjelaskan bahwa alat-alat elektronik antara lain berfungsi sebagai sarana iklan sehingga masyarakat mengetahui produk-produk yang diiklankan. Oleh sebab itu, iklan yang ditayangkan melalui alat-alat elektronik disebut iklan elektronik.

Ayo Berlatih

·      Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali pengertian iklan elektronik dengan mengajukan pertanyaan pada buku siswa, ”Apa pengertian iklan elektronik?”

·      Siswa menjawab pertanyaan guru dalam bentuk tertulis.

·      Selanjutnya, guru meminta beberapa siswa untuk menyampaikan jawabannya secara lisan dengan percaya diri.

·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi dengan cara menambahkan jawaban.

·      Guru mengapresiasi jawaban semua siswa, lalu mengonfirmasi jawaban yang benar. Iklan elektronik adalah iklan yang disampaikan melalui media elektronik, misalnya radio, televisi, dan internet.

·      Siswa menjawab pertanyaan guru sesuai pengetahuannya.

·      Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa dengan menjelaskan unsur-unsur iklan elektronik agar menarik perhatian masyarakat seperti pada buku siswa atau mencari sumber lainnya.

·      Setelah itu, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika terdapat materi yang belum dipahami.

·      Kemudian, guru meminta siswa mengamati gambar-gambar iklan pada buku siswa.

·      Guru meminta siswa mengomentari iklan tersebut dengan memperhatikan kesesuaian dengan unsur-unsur iklan elektronik, serta alasannya secara tertulis.

·      Setelah selesai, siswa diminta menyampaikan jawabannya di depan kelas.

·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi dengan cara bertanya, menyanggah, menambahkan jawaban, atau memberikan masukan.

·      Kemudian, siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai.

·      Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa.

Ayo Berdiskusi

·      Kemudian, siswa diminta mengamati video benda-benda di sekitar.

·      Guru meminta siswa mengidentifikasi benda-benda tersebut apakah tersebut termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, atau zat campuran heterogen

·      Siswa mengidentifikasi masalah mengenai sifat zat campuran dan komponennya.

·      Siswa menyebutkan dan menjelaskan alasannya.

·      Selanjutnya, guru meminta siswa membentuk kelompok terdiri atas 3-4anak.

·      Siswa menganalisis masalah mengenai sifat zat campuran dan komponennya.

·      Siswa mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat filter air sederhana

·      Siswa merancang filter air sederhana

·      Selanjutnya, setiap kelompok diminta mendemontrasikan hasil rancangan dari filter air sederhana berdasarkan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain.

·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa atau kelompok lain untuk menanggapi dengan bertanya, menambahkan jawaban, atau memberi masukan.

·      Siswa menganalisis kelemahan dan kelebihan dari filter air sederhana

·      Siswa memecahkan masalah mengenai sifat zat campuran dan komponennya.

·      Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa.

·       Siswa mengumpulkan karya dan laporannya kepada guru untuk dinilai.

Ayo Mengamati

·           Siswa membaca narasi pada buku siswa, lalu mengamati gambar gerakan tari yang terdapat pada buku siswa.

·           Kemudian, guru menjelaskan pola lantai tarian pada gerak kedua tari tersebut.

·           Guru juga membacakan narasi pada buku siswa.

·           Guru merangsang keingin tahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan, ”Apa yang dimaksud pola lantai tarian daerah?”

·           Guru meminta siswa membaca materi tentang pola lantai tarian daerah yang terdapat pada buku siswa.

·           Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika terdapat materi yang belum di pahami.

·           Guru menjawab pertanyaan yang diajukan siswa.

Ayo Berkreasi

·           Siswa telah memahami tentang pola lantai tarian daerah.

·           Guru meminta siswa membentuk kelompok terdiri atas 5 anak.

·           Siswa diminta membuat lima contoh bentuk pola lantai.

·           Siswa menuliskan atau menggambar bentuk tersebut pada kertas.

·           Setelah selesai, setiap kelompok diminta memperagakan bentuk pola lantai yang dibuat di depan kelompok lain.

·           Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi, misalnya memberikan masukan.

·           Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi hasil kerja kelompok siswa.

Ayo Berlatih

·           Siswa membacakan narasi pada buku siswa.

·           Kemudian, memberikan motivasi bagi siswa agar peduli terhadap tarian daerah sehingga terjaga kelestariannya.

·           Guru meminta siswa membentuk kelompok terdiri atas 3-5 anak.

·           Setiap kelompok diminta mencari contoh gerakan tarian daerah dari youtube di internet atau dari kaset video tarian daerah.

·           Selanjutnya, setiap kelompok diminta mengamati gerak tarian, lalu menjelaskan pola lantai tarian secara tertulis.

·           Selanjutnya, setiap kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain.

·           Guru memberikan kesempatan kepada siswa atau kelompok lain untuk menanggapi dengan cara bertanya, menambahkan jawaban, atau member masukan.

·           Guru mengapresiasidanmengonfirmasijawabansiswa.

·           Siswa mengumpulkan hasil kerja kelompoknya kepada guru untuk dinilai.

180 menit

Penutup

·           Guru memberikan Postest

·      Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:

1.      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?

2.      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?

·      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

·           Siswa bersama guru meyanyikan salah satu lagu daerah Indonesia

·           Guru memberikan pesan moral yang terkait dengan pembelajaran.

·      Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.

·      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

·      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

·      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

·      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 menit

 

 

H.  PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.

b.   Penilaian Pengetahuan

 

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

SBDP

KD Seni Budaya dan Prakarya 3.3 dan 3.2

 

 

 

 

IPA

KD Ilmu Pengetahuan Alam 3.9 dan 4.9

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal uraian

Soal Pilihan Ganda

         Doni akan membuat alat penyaring sederhana. Manakah dianatara berikut yang dibutuhkan Doni dalam membuat alat penyaring sederhana ?

 

a.    Bor Listrik, sendok, plastik, pasir, magnet, kertas, pulpen

b.    Bor Listrik, gelas, botol plastik, kerikil, pasir bersih, arang

c.    Ember, sendok, plastik, pasir, magnet, kerikil,

d.   Ember,gelas, botol plastik, kertas, pulpen

 

Uraian

 

 

1.    Gambarkan alat penyaring air sederhana dan tuliska bagian bagiannya!

 

 

 

A.    Unjuk Kerja

 

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4

Diskusi dan unjuk hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14.

IPA

KD Ilmu Pengetahuan Alam 3.9 dan 4.9

Unjuk kerja dan hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17.

SBDP

KD Seni Budaya dan Prakarya 3.3 dan 4.3

 

 

 

c.    Remedial

Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

 

d.   Pengayaan

Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

 

2.    Bentuk Instrumen Penilaian

a.    Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

Refleksi Guru:

 

 

      Mengetahui,

      Kepala SD Negeri  Kumbung I

 

 

 

 

 


 

Kumbung,     14 Oktober 2019

Guru Kelas V

 

 

 

 

 

ILAH SOBARTINI, S.Pd.


 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Membuat Sabun Pertama Kali

     Rasa penasaran terhadap hal baru membawa saya pada sebuah kursus online gratis yang diadakan oleh Dayana School, tau lah ya, sebagai em...