Senin, 14 September 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas IV semester 2

 

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

MATEMATIKA

 

 

Satuan Pendidikan      : SDN Kumbung 1

Kelas / Semester          :  IV /I

Pelajaran                      : FPB dan KPK

Sub Pelajaran              : FPB 2 bilangan

Pertemuan                   : 2

Alokasi waktu             : 2x35 menit

 

 

A.    KOMPETENSI INTI

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri

dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Matematika

Kompetensi Dasar

Indikator

3.6. Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

3.6.1. Mengidentifikasi cara menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

4.6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

4.6.1. Menghitung/mencari faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

 

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Peserta didik mampu menyebutkan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan mandiri,
  2. Peserta didik mampu menjelaskan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan komunikatif,
  3. Peserta didik mampu menentukan cara yang paling efektif dalam mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan tepat,
  4. Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan jujur,
  5. Peserta didik mampu menghitung/mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dengan cermat.

 

D.    MATERI PEMBELAJARAN

      Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) 2 bilangan

 

E.     METODE PEMBELAJARAN

       Pendekatan          : Scientific

Strategi                 : Cooperative Learning

Teknik                  : Example Non Example

Metode                 : Pengamatan, Pelatihan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

 

F.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR

 

   Media/Alat    :

1.       LCD proyektor/komputer

2.      Karton dan spidol

3.      LKPD

 

 

   Sumber Belajar   :

1.      Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Peserta didik Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).

2.      BSE KTSP

3.      Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari JGC

 

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

(Persiapan/orientasi)

1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran Peserta didik.

2.          Guru meminta seorang Peserta didik untuk memimpin berdoa. Peserta didik difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

3.          Peserta didik membacakan dua surat pendek ( Al qur’an).

4.          Peserta didik dan guru menyanyikan satu lagu “Wajib Nasional”. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Peserta didik membaca buku non teks pelajaran, sebagai bentuk pembiasaan membaca.

6.          Peserta didik dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

7.          Guru mengecek kehadiran Peserta didik serta mengondisikannya      pada situasi pembelajaran.

8.          Peserta didik diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

 

    7  menit

Apersepsi

9.          Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan materi yang   sudah dipelajari sebelumnya.

10.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

11.      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari

12.      Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran yang akan dipelajari.

13.      Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran.

14.      Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan.

 

5 menit

Motivasi

15.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

.

3 menit

Sintak Model Pembelajaran

1.        Peserta didik mengamati dan guru menjelaskan tentang faktor persekutuan terbesar (FPB) Dengan pohon faktor untuk mencari FPB 2 bilangan.

 

 

   2 menit

STIMULATION

Sintak Model Pembelajaran

 

(PROBLEM STATEMENT)

1.   Guru memberikan beberapa soal kepada peserta didik untuk mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dengan cara pohon faktor

2.   Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal tersebut dengan cara pohon faktor secara individu

 

8 menit

 

 

Sintak Model Pembelajaran

 

(DATA COLLECTION)

3.   Peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah peserta didik perkelompok adalah 4 orang.

4.   Nama kelompok berdasarkan judul lagu nasional yang dipilih oleh siswa.

5.   Dalam berkelompok, setiap peserta didik membandingkan hasil jawaban.

8 menit

Sintak Model Pembelajaran

 

(DATA PROCESSING)

6.   Peserta didik secara berkelompok berdiskusi mengenai cara mencari faktor persekutuan terbesar selain dengan pohon faktor

7.   Tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya dalam selembar karton yang kemudian ditempel di depan kelas

10 menit

Sintak Model Pembelajaran

 

(VERIFICATION)

 

8.   Tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya dalam selembar karton yang kemudian ditempel di depan kelas

9.   Setiap kelompok diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan kelompok yang sedang mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

8 menit

Sintak Model Pembelajaran

 

(GENERALIZATION)

10.  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang dibantu oleh guru

11.  Guru memberikan penguatan materi

12.  Peserta didik diberi keesempatan untuk merangkum materi pembelajaran

8 menit

Kegiatan

Penutup

13.    Peserta didik mengerjakan tes akhir.

14.    Guru memberikan penguatan materi dan kesimpulan dari faktor persekutuan terbesar (FPB)

15.    Guru mengapresiasi hasil kerja Peserta didik dan memberikan motivasi

16.    Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak

17.    Salam dan do’a penutup.

    5 menit

 

 

H.    PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

b.   Penilaian Pengetahuan

Pengetahuan

Jenis Tes               : Tes Tertulis

Bentuk Tes           : Pilihan Ganda

 

Soal PG

 

1.       Pak Kabayan adalah seorang kepala desa di desa Sukajajan, salah satu program yang akan dijalankan oleh Pa kabayan adalah mengenai keindahan di sepanjang jalan desa, oleh karena itu ia berencana menanam 20 pohon palem dan 30 polybag tanaman pucuk merah  di sepanjang jalan desa.

Berapakah titik lokasi penanaman pohon palem dan tanaman pucuk merah jika masing-masing titik lokasi terdapat pohon palem dan tanaman pucuk merah dengan jumlah yang sama?

a.         8 titik lokasi

b.        9 titik lokasi

c.         10 titik lokasi

d.        11 titik lokasi

 

Soal Essay

1.    Perhatikan gambar dibawah ini!

 

 

Di kebun kakek Tomo, terdapat 42 kol dan 50 wortel, kol dan wortel tersebut akan diantarkan pada sejumlah tetangga sebagai hadiah hasil panen. Kira-kira berapa tetangga yang bisa diantarkan jika jumlah kol dan wortel yang diantarkan harus sama banyak?

 

c.    Penilaian Keterampilan

Proyek

 

I.       REMEDIAL DAN PENGAYAAN

 

1)      Remedial: Bagi peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM, dilakukan remedial.

2)      Pengayaan: Bagi peserta didik yang mendapat nlai sama dengan/lebih dari  KKM, diberikan pengayaan dengan belajar kelompok dan tutor sebaya.

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

                H.SAID, S.Pd

NIP. 19610309 198204 1 002

Kumbung,  Oktober 2019

Guru Matematika Kelas 4  ,

 

 

 

ILAH SOBARTINI, S.Pd

NIP. 19880208 201101 2 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   BAHAN AJAR

 

 

Satuan Pendidikan      : SDN Kumbung 1

Kelas / Semester          :  IV /I

Pelajaran                      : FPB dan KPK

Sub Pelajaran              : FPB 2 bilangan

Pertemuan                   : 2

Alokasi waktu             : 2x35 menit

 

F.     KOMPETENSI INTI

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri

dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

G.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Matematika

Kompetensi Dasar

Indikator

3.6. Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

3.6.1. Mengidentifikasi cara menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

4.6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

4.6.1. Menghitung/mencari faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

 

H.    TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Peserta didik mampu menyebutkan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan mandiri,
  2. Peserta didik mampu menjelaskan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan komunikatif,
  3. Peserta didik mampu menentukan cara yang paling efektif dalam mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan tepat,
  4. Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan dengan jujur,
  5. Peserta didik mampu menghitung/mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dengan cermat.

I.       MATERI PEMBELAJARAN

Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) 2 bilangan

Langkah-langkah dalam menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan adalah :

1.      Menentukan faktor dari masing-masing bilangan

2.      Menentukan faktor persekutuan dari dua buah bilangan

3.      Menentukan faktor persekutuan yang nilainya paling besar.

  Soal.  Tentukan FPB dari 15 dan 20!

  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB.

 

15

20

3

5

4

5

 

     Jadi FPB dari 15 dan 20 adalah 5.

 

 

  Soal. Ibu mempunyai 16 Apel dan 40 Jeruk. Ibu akan memasukkan buah-buahan tersebut ke dalam beberapa kantog plastik. Isi setiap platik sama banyak. Berapa jumlah plastk terbanyak yang dibutuhkan?

16

40

2

8

2

20

2

 

4

2

 

10

2

2

2

5

 

                                                                                                    

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

                H.SAID, S.Pd

NIP. 19610309 198204 1 002

Kumbung,  Oktober 2019

Guru Matematika Kelas 4  ,

 

 

 

ILAH SOBARTINI, S.Pd

NIP. 19880208 201101 2 003

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Membuat Sabun Pertama Kali

     Rasa penasaran terhadap hal baru membawa saya pada sebuah kursus online gratis yang diadakan oleh Dayana School, tau lah ya, sebagai em...